ANAK SMUNSAKA prestasi International

 

Tak ada teriakan histeris ABG (anak baru gede) menyambut kepulangannya. Nun jauh di pelosok Desa Paseban, Bayat, Klaten, Jawa Tengah, orang memilih membicarakan Indri, asal Klaten, pemegang kunci sebuah rumah senilai Rp 1 miliar yang diperebutkan kontestan acara reality show di stasiun televisi swasta.

Masyhur Aziz Hilmy memang bukan pemenang kontes nyanyi, adu tampang, atau pesohor dadakan lainnya. Namun, meski jauh dari ingar-bingar panggung, remaja 16 tahun ini mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Awal September lalu, Masyhur yang akrab dipanggil Mamas meraih juara pertama Olimpiade Astronomi Internasional (IAO) ke-9 di Ukraina. Dia satu-satunya wakil dari Indonesia untuk kategori peserta senior.

Apa yang diperoleh Mamas dari kejuaraan internasional itu? Murid kelas III IPA-4 SMU 1 Klaten itu cuma tersenyum kepada Tempo. Jangan bayangkan Mamas pulang membawa pulang mobil, rumah, atau sederet hadiah dari sponsor. Dari ajang pertarungan di Simeiz, Crimea, Ukrania, itu Mamas hanya beroleh selembar piagam penghargaan.Selebihnya, “Mamas tidak mendapatkan apa-apa,” kata Surantiyana, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMU 1 Klaten. Satu-satunya imbalan yang lumayan adalah hadiah dari olimpiade serupa yang diraihnya di tingkat nasional. Selain piagam, Mamas mendapat hadiah uang Rp 6 juta.

Hadiah itu belum seberapa dibanding imbalan untuk pemenang olimpiade sains. Elisa Dian Pramesti, teman Mamas di sekolah yang sama, meraih emas dalam Olimpiade Science Nasional. Selain mendapat hadiah uang Rp 7 juta, juga mendapatkan bea siswa untuk menyelesaikan studi ke jenjang yang lebih tinggi. “Seluruh biaya pendidikannya ditanggung,” ujar Surantiyana.

Mamas tak mudah meraih emas di Olimpiade Astronomi Internasional itu. Ia harus menyisihkan 1.300 pesaingnya di kategori senior itu sebelum dilatih di pemusatan latihan di Observatorium Bosscha, Departemen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB), serta di Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Akibatnya, Mamas juga harus rela ketinggalan pelajaran sekolahnya berminggu-minggu. Apalagi ketika itu ia baru saja naik kelas III. “Saya tertinggal dalam pelajaran, sehingga saya harus mengejarnya,” kata Mamas.

Untuk mengejar ketertinggalannya, sepulang sekolah dia langsung ikut bimbingan belajar setelah sebelumnya menyempatkan mampir di warung internet.

Di sekolah, Mamas aktif hampir di semua klub studi. Ia anggota klub bahasa Inggris hingga klub matematika. Di luar sekolah ia memilih berkutat dengan buku di kamarnya ketimbang bergabung dengan tetangganya di gardu di samping rumahnya.

Yang sedikit membuat Mamas dan ibunya gembira adalah tawaran masuk ke Institut Teknologi Bandung. “Mas, kalau masih tertarik mempelajari astronomi, saya coba usahakan agar kamu bebas tes masuk ITB,” kata Mamas menirukan pembimbingnya. Namun, janji pembimbing Mamas–meski masih janji–telah membuat Siti Jamiatun, ibu Mamas, senang. Janda yang sehari-hari menghidupi tiga anaknya dengan merias pengantin itu seperti melihat masa depan cerah anak keduanya itu.

Jamiatun tak henti melecut semangat anak keduanya. “Le, kowe wis ora duwe bapak. Dadio wong pinter ben ora isin karo liyane (Nak, kamu sudah tidak punya ayah. Jadilah orang pandai agar tidak malu dengan yang lain),” nasihatnya.

Tak ada hujan hadiah untuk Mamas. Tidak juga tepuk sorak. Sambutan paling meriah yang diterimanya adalah ketika peringatan ulang tahun sekolahnya. Di atas panggung sekolah ia menceritakan pengalamannya mengangkat nama bangsa, ribuan kilometer dari Klaten. imron rosyid

sumber : tempo.co.id

29 Responses

  1. Saya Alumni SMA N 1 Klaten
    Mengucapkan ” BRAVO” buat Mamas
    dan “BRAVO” buat SMA N 1 Klaten ku

    Masih teringat saya
    Hampir tiap 2 minggu, ada piala nyasar di Upacara senin

    tepuk tangan meriah setelah usai upacara….Hm aku masih ingat itu
    dan sorak merendahkan buat Poppy yang jago nyanyi waktu itu….Ha ha ha
    ada ada saja (kebalikan malah he he)

    Memang SMA yang menarik buat belajar IPA
    Pak Sigit masih ada?
    Pak Nardi masih ada ka ?
    Pak Sugiman , Pak Sukir, bu mariyatun???………

    Ha….. aku lebih suka SMA ku daripada university ku…..

    terimakasih , aku melayang ke zaman dulu lagi he he

  2. Saya lulusan SMA N 1 Klaten memberikan “Big applause!” kepada para guru kami dan adik kelas yang telah mengharumkan nama almamater kita dengan segala perjuangan kerasnya.
    Pesan buat adik-adik kelas: langkah ke depan telah dimulai dari SMA ini.

    Satu pertanyaan, masih membekas di ingatan cetusan dari “Babe Tarto” guru biologi SMA kita tercinta mengenai “inkompatibilitas Reshus (Rh)”, yang terus menghantui saya untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan, dan hingga saat ini belum juga mendapatkan penjelasan ilmiah yang baik…

    Terimakasih…

    NB: Poppy? hm rasanya tahu…kakak kelas beda 2 tahun di atas aye, dulu rasanya satu SMP juga (espero Klaten).

  3. assalamu’alaikum…..
    salam bwat semua, sebenarnya sih aku bukan alumnI SMANSAKLA, but aku masih skul di sana, aku bangga buaaaaaaaaaaaaaangaeeeeeeeeet deh ama kakak kakak alumni yang udah bwat SMANSA tercinta kta jadi skul terfavorit. n bwat kak Mamas, terus majuuuuuuuuu kami adik kelas kakak berusaha meniru jejak kakak mengharumkan nama besar SMANSA.
    bwat tambah-tambah informasi aja, aku juga mau menyebut satu nama yang menjadi buah bibir seantero klaten mungkin bahkan Indonesia, yakni mas Septiam, mas Septian ini mantan anak Akselerasi SMANsA, pindah ke reguler karena gak mau cepet-cepet keluar dari SMANSA, alhasil walaupun menyandang predikat mantan anak Aksel but mas Septian sekarang Kul di NTU Singapore lho…, akku juga mantan anak Aksel, rencana sih mau mengikuti jejak nya mas Septian he he he.., BRAVO MAS SEPTIAN, MAJU TERUS CAH-CAH REGULER, IMERSI N AKSELERASI SMANSAKLA…

  4. memang klo bicara smu kita ini tidak ada habisnya kebanggaan kita. walau dulu aku sering langganan masuk BP karena protes ttg smu plus.

    tapi aku yakin di Indonesia ini pasti banyak juga alumni SMUNSAKA yang berprestasi, ayoo donkk alumninya juga cerita gimana prestasinya apa ada yang udah jadi menteri atau pejabat di negara ini.biar kita-kita alumni ini semangat yang baru 11 tahun lulus dari SMUNSAKA ini bersemangat untuk seperti kakak2nya juga

  5. smansa jan top bgt deh. mencetak pemikir2 buat bangsa , aku bisa sekolah disini sungguh bangga bgt!!!!
    busyeet 2007/2008 IPS 2

  6. aku alumni smansa..
    huehuehue..
    masa sma emang gag ada matinya…
    kangen ma teman-teman emaaapal juga..dulu sering latian dan berkiprah di dunia kepecintaalaman bareng-bareng
    ikut lomba dapet piala..
    berargumen ma pak ranri masalah perijinan..
    huehue…
    miss u, Sir!

  7. selamat juga ya, atas pretasi SMA1.
    Tapi jangan lupa utk tidak melupakan dien &aklak yang mulia.
    Salam tuk Pak Drs. Surantiyana (asal Bayat) yg skg telah jd Waka SMA1 Bidang Kesiswaan.

  8. hah…gue gak bangga jadi alumni SMA 1 klaten……………nggak bangetttttttttttt

  9. Alhamdulillah selamat ya….buat SMA-ku dan salam buat semua alumninya. Bangga sekali aku rasanya bisa menjadi bagian dari SMU N 1 Klaten dan bisa lulus kemudian menghantarkanku ke STAN untuk menjadi salah satu auditor negara ini yang insya Allah kampiun….. he…he….. Salam buat teman-temanku alumnus tahun 1999. Buat semua guruku salam manis dan teruslah memperbaiki diri, ingatlah untuk mengembangkan akhlak dan agamamu, ingatlah bahwa kalian semua ini adalah para pendidik anak klaten, calon penerus bangsa, jangan hanya membesarkan dan meninggikan IQ aja….
    Aku heran kenapa Surantiyono bisa jadi Wakasek ya…? Padahal dulu tu dia itu mulutnya kalo ngomong dan nglecehin siswa itu saenak udele dewe…. sakit hatiku sampai kini belum aku maafkan…. Akhlaknya buruk sekali…..!

  10. SMA Negeri 1 Klaten jaya selalu !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Hidup SMANSA Klaten !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  11. kulo mantan lare sman 1 klaten, sekarang banyak membimbing anak2 sman 1 in math lesson, anak2 imersinya ternyata “lumayan” pinter,tapi kerep bingung alias mbingungiiiiiii
    biar bagaimanapun SUCCES SMAN 1 KLT

  12. selamat buat adik2′ kulo alumns sma i 2001 sekarang di batam jd dosen di univ putera batam

  13. selamat yah, ku alumnus th 2001 skrg dosen di univ putera batam, jaya trus sma I

  14. hai,aku alumni SMA 1 KLATEN yg dl nama kerennya SMANSAKA,aku alumni th 1991,jaman2nya p.Giyarto yg jd KEPSEKnya.Saat itu aku jurusan A2(Biologi),tepatnya di A2.1,baik di kelas 2 dan kelas 3,selalu di A2.1.Pas di kelas 2,ketua kelasnya HANDOKO (dimana kamu sekarang Ndok?jangan2 sdh jd mentri lg,he2,tp nggak mungkinlah!! wong nggak ada mentri yang namanya HANDOKO!! tp yang jelas,pasti skarang sdh jd Bapak2 ya?anakmu berapa?trus pas di kelas 3,ketua kelasnya BURHAN GIRI PUNOBO (dimana kamu skarang Bur?,anakmu sdh berapa?istri msh satu kan?yg alumni pertanian UNS itu kan?).oya,kamu dl kan jg alumni pertanian UNS kan?skarang sdh jd PETANI blm?Ingat nggak sama aku,dewi mekar alumni HUKUM,UNS jg kog! suamiku jg alumni HUKUM UNS,CINLOK critanya,kayak kamu&istrimu! skarang aku tinggal di SURABAYA,jd ASISTEN NOTARIS&yg jd NOTARISnya suamiku sendiri,enak ya…gajinya super istimewa,he2.oya,sbg alumni SMA 1 KLATEN,aku sangat bangga sekali,krn bnyk alumninya yg skarang jd orang sukses,apalagi bnyk prestasi2 yang telah diukir oleh adik2 kelas generasi penerus kita&yang paling membanggakan lg,SMA 1 KLATEN menjadi salah satu kandidat sekolah nasional yg bertaraf internasional.Oya,skarang KEPSEKnya P.DIDIK ya?,weleh2 P.didik yg nyelelek&cengengesan itu?yg dl guru sejarah?bisa2nya jd KEPSEK!! he2,bercanda Pak,jangan marah!! tp malah bgs kog,kalo KEPSEKnya punya jiwa muda spt P.didik.trus WAKASEKnya P.Ranti,yg kriting itu,yg guru sejarah jg?kog bs kompak ya,sama2 mantan guru sejarah!! OK,selamat ya buat P.Didik&P.Ranti.Oya,buat yg mengenal aku,kirim aja email ke : dewimekarfatmaningrum@yahoo.com

  15. Hai adik2qu yg buat blog ini,terutama buat d’Hadi Sarwono,makasih bngt ya! Krn gara2 aq nulis komentar di blogmu ini,bnyk lho tmn2qu alumni 91 yg email ke aq.Akhirnya….”pencarian jejakku” berhasil ! Shg aq bs contact2 lg dg tmn2 alumni 91&skarang aq sdh tau milist alumni 91.Btw,nanti kl aq ada waktu luang,InsyaAlloh aq sempatkan utk kirim “artikel menarik ttng SMUNSAKA” ke email add-nya d’Hadi Sarwono.OK!! Oya,utk Burhan&Handoko,Tq bngt ya emailnya! “Keep Contact ya with me!” because you are “still a friend of mine” !!!

  16. Hi…

    Looking for something else, but very fine site. All the best….

  17. Kulo Nuwun, wah yen dibilang bangga yo bangga dadi alumnus SMUNSA(pas jaman q nggene jenenge) yen diomongi kecewa yo kecewa opo sing gawe kecewa? masa wis jaman sma cah2 sma 1 dibedakno karo sekolahan liane emang wes top tenan tha sma1 ko ketoke bocah e kemlinthi2 klammbine saiki biru enom koyo petugas parkir ndukperusahaan minyak, wes ra bangga blas aq yen mentale cah sma 1 dadi cah sombong2 aq aelaku alumni isin yen ndelok polae saiki. Angkatn 2000 ayo bal2an maneh

  18. Kula Nuwun
    XA 2008/2009

    bkiki…….

    Blog iki sing gawe sopo yo??

    Mas admin, boleh tukeran link ga ya?
    Dalem 100% siswa smunsaka

    http://fuad.web.id:mrgreen:

  19. Titi, alumni 2001, 1i,2i, ips2
    Merinding baca artikel ini!

  20. Kami kakak beradik berempat (eddy,menik,ndari,emi) alumni 1974,1977,1979,1981, ikut bangga atas prestasi yang selalu diraih anak anak SMAN 1 Klaten maupun alumni. Jaya SMAN 1 Klaten

  21. sman 1 klaten skr mengedepankan komersialisasi pendidikan,

  22. aku sbg lumnus sman 1 klaten sangat bangga dengan adik adikku, karena sayapercaya anak 2 SMAN 1 Klaten itu sudah pinter-pinter pada dasarnya, jadi itu bukan prestasi dr Kepsek dan Guru-gurunya, apalagi skr SMAN 1 ada informasi dijadikan Exploitasi pengerukan dana dr siswa baru. sungguh sebuah pengkhianatan bagi almamater SMA negeri ! tercinta. mungkin inilah wajah dr SMAN 1 Klaten . Setelah kemajuan Yg Pesat dg banyaknya siswa2 berprestasi, Sekolah dihancurkan oleh pengelola yg sekarang , sungguh Ironi Almamaterku tercinta sekarang hanya untuk anak-anak yg orang tuanya BERKANTONG TEBAL, SELAMAT TINGGAL ANAK2 mISKIN JGN HRP BISA SEKOLAH DI sma 1 WALAUPUN KAMU PINTAR.

  23. aku alumni 91…….

  24. wah smu klaten pancen banyak wanita pangilanya. ya… sekolah banjir pejuh whahahahahahaahhaahahahha

  25. haiiiiiiiiiiibat, Lanjutkan! Lebih cepat lebih baik! (bukan ikut anggota tim kampanye loh)…. halo angkatan “99, dimana kalian?

  26. ada yang mau share ide bisnis??

  27. saya jadi terharu ketika baru aja baca beritanya…maaf sekali ketinggalan banget karena baru aja turun gunung dari irian jaya sana….slamet deh…saya alumni smansa juga…bravo smansa

  28. kulonuwun para sedherek alumni smansaka th 98,pripun kabare? alumni 3 ipa 7,kapan reuian lagi? bos tile jadi donatur utamanya lagi dunk,hehe…….jdi kami kan ga sungkan2 bwt datang,ya ga?? salam kangen bwt ibu Eko,pak tarto,pak didik,bu weni,pak nardi semoga sehat selalu n panjang umur yg penuh barokah,………….aq dulu dari 2D,teman2q yg baik jgn lupakan aq ya? te’ Erna q jdi guru SD skrg sprti cita2 qta dulu,ni no aq klo mau connect dgq lgi 081393079311 or 085647432108 okey teman2,bye n C U Later,…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: